Skip to main content

Ameba Pigg!

Postingan ini ada karena Uchi, atau Chii--saya biasa manggil dia begitu, yang baru terjun bebas ke dunia Pigg. Saya janji mau ngasih "tips" cara bermain di Pigg, walau saya sendiri nggak yakin apakah ini bisa disebut dengan tips, karena ini hanya berisi rangkaian screenshot dari tiap kegiatan yang saya lakukan tiap saya main Pigg.

Semoga postingan ini bisa membantu, ya.


Hal pertama yang akan kita, atau kamu, jumpai setelah berhasil log-in adalah penampakan yang nggak jauh dari ini:


Ada beberapa hal yang akan saya singgung dari gambar ini.

1. Yang bergambar pintu dan bertuliskan おでかけ ini harus kamu klik untuk dapat melihat berbagai tempat yang ada di dunia Ameba Pigg.
2. Nantinya akan berisi notifikasi dari grup/ komunitas yang kamu ikuti, berikut event yang bisa kamu datangi. 
3. Berisi daftar teman kamu di Pigg (biasa disebut Pigu Tomo). Di sini kamu juga bisa mencari ID teman, atau kenalan kamu di Pigg.
4. Berguna untuk menata rumahmu.
5. Berguna ketika kamu ingin mengatur penampilan kamu.
6. Dari gambar keranjang belanja, rasanya sudah jelas kan ini buat apa? Hoho.
>> Gambar tas, berguna ketika kamu ingin melihat barang bawaan yang kamu punya. Entah itu gift, makanan hewan, atau barang lainnya.
>> Gambar smartphone, (menurutku) berguna ketika kamu ingin "ngobrol" secara private dengan user lain. Semacam DM (Direct Message), mungkin?
>> Kamera
>> Gambar buku, itu maksudnya diary. Kalau ada angka tertera di sana, itu adalah jumlah orang yang melihat (atau bisa juga mengomentari) postingan diary kamu.

Penampakan yang akan muncul ketika kamu klik gambar nomor satu adalah ini.

Gambar paling atas menyuguhkan tempat-tempat yang sedang happening, di bawahnya menyuguhkan kategori tempat di Pigg (ki-ka: Game, Tempat Belanja, Tempat Publik), dan di sebelah kiri adalah event yang dibuat oleh dan untuk user Pigg. Klik saja daerah bertanda bintang untuk melihat semua tempat yang ada di Pigg.

Kalau kamu melakukannya, kamu akan menemukan ini.

Cukup klik tempat-tempatnya dan kamu akan menemukan hal-hal imut. Ahaha.

Kalau kamu masih punya banyak waktu luang dan bingung mau ngapain, coba pergi ke daerah Game (ゲーム). Pigg menyediakan berbagai jenis permainan, dari yang paling mudah sampai yang paling susah. Dari yang bersifat "untuk semua umur" sampai permainan "grown-up only" macam mahjong, kasino, dkk.


Suka mancing? Di sini juga ada. Walau cara mainnya bikin geregetan, sih. 

Males main game dan cuma pengin ketemu sama user-user dari Indonesia? Pergilah ke arena ice skating (klik gambar sepatu warna hijau) ....

...siapa tahu kamu beruntung mendapatkan teman baru yang nggak alay. Seriously.


Tempat favorit saya selama main Pigg sih ini. Pigg Channel. Tempat berkumpulnya mereka yang ingin berbagi kesukaan mereka terhadap musik, dan tempat melatih kemampuan berbahasa Jepang kamu. Juga, ini menjadi tempat favorit saya karena para DJ di sini selalu menggunakan bahasa slang, saya jadi tahu deh bahasa gaul apa yang masih sering dipakai di Jepang, hehe.

Sekian dulu "tips and guide" yang nggak mirip seperti "tips and guide" ini. Selamat bermain!



__________________________
p.s: kalau bosan main di sini, coba juga Pigg Island, Pigg World, dan Pigg Cafe yang ada di sudut kiri atas! 

Comments