Skip to main content

HKLCB | Minggu Kedua: Mari Belajar Hangeul!

Halo, ini Meru. Ini hari pertama saya mengikuti kegiatan belajar bahasa Korea di Homey Korean Language Club Bandung (HKLCB). 

Kegiatan hari ini dipandu oleh Kaleb Park-sensei (atau perlu diganti menjadi songsaengnim?), penutur asli yang (untungnya) fasih berbahasa Indonesia. Awalnya, kami disuguhi sebuah video berjudul Images of Korea. Sayangnya kami tidak menonton video tersebut sampai akhir, karena Park-songsaengnim mengarahkan kami pada kegiatan apa yang semestinya hari ini kami lakukan.

Kami pun akhirnya dikenalkan pada hangeul, huruf yang digunakan dalam bahasa Korea. Pertama, songsaengnim mengenalkan cara membaca dan bagaimana menulis huruf-huruf konsonan dalam bahasa Korea. Dengan pola yang sama, kami juga dikenalkan pada huruf-huruf vokal, juga cara menggabungkan huruf vokal dan konsonan dalam bahasa Korea.

Seperti yang pernah diucapkan murid saya (uhuk), Albiba, hangeul ternyata memang lebih mudah diingat dan ditulis daripada huruf Kana. Walau, yah, saya belum terbiasa menulis huruf-huruf dengan coretan kaku, bukannya yang melengkung anggun seperti hiragana.

Saya akhirnya juga sibuk mengasosiasikan bahasa Korea dan bahasa Jepang melalui pengetahuan yang saya dapat; terutama dari segi bahasa. lel.

Selain mendapat pengetahuan baru, hari ini saya juga mendapat seorang teman baru! Ah, senangnya.

Semoga di pertemuan berikutnya saya makin akrab dengan teman-teman di kelas Minggu 1.



Comments