Skip to main content

Selamat Jalan, Fikri!

Akhir-akhir ini, di linimasa akun Facebook saya bermunculan berita-berita mengenai kasus ospek maut yang menelan nyawa seorang mahasiswa baru. Menurut artikel yang saya baca (secara sekilas), korban bernama panggil Fikri dan merupakan mahasiswa jurusan Planologi, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Awalnya, saya tidak terlalu berminat untuk mencari tahu info lengkap dari kejadian ini. Saya hanya berpikir, "Ah, palingan juga kasus ospek biasa. Media terlalu berlebihan, deh." Begitu. Saya berpikiran begitu karena tiga tahun lalu, ketika saya menjadi mahasiswa baru, saya juga ikutan ospek himpunan, dan menurut saya sih lumayan keras. Setidaknya lebih keras dibanding dua angkatan di bawah saya.

Tapi ternyata, apa yang terjadi pada mahasiswa baru Planologi ITN Malang ini sungguh di luar dugaan. Bisa dibilang, mereka diperlakukan secara tidak manusiawi. Makan dengan kondisi tangan yang kotor, pisang yang dijadikan sikat gigi, kontak fisik yang tidak perlu, adanya senjata tajam, dan lain-lain. Pelecehan pun dialami oleh para mahasiswa baru (maba) putri, yang katanya, harus memberikan (maaf) blowjob pada singkong yang dibentuk menyerupai alat kelamin laki-laki (artikel bisa dibaca di sini).

Kegiatan ospek yang seperti itu, apa untungnya? Apa esensinya? Melatih mental mahasiswa baru sebelum terjun ke masyarakat? Ah, darimananya. 

Saya kesal. Geram. Sedih. Tapi tidak bisa berbuat apa-apa selain berdoa dan berharap semoga ke depannya tidak ada lagi kegiatan primitif seperti ini. Di manapun.

Selamat jalan, Fikri! Semoga kasusmu membuka mata semua mahasiswa, sehingga mereka sadar bahwa apa yang dibutuhkan mahasiswa baru adalah bimbingan dari para seniornya, bukan kekerasan.


______________________________________________________
Berita seputar kasus ini bisa dibaca di:
  1. http://www.seputarmalang.com/berita/hukum-kriminal/menguak-misteri-kematian-maba-itn-pada-kemah-bakti-desa-mahasiswa-2013/8693
  2. http://www.seputarmalang.com/berita/hukum-kriminal/berita-foto-ospek-itn-rupa-rupa-kekerasan-di-acara-kemah-bakti-desa-dan-temu-akrab/8951
  3. http://www.seputarmalang.com/berita/hukum-kriminal/berita-foto-ospek-itn-ritual-makan-minum-yang-sadis-ala-ospek-itn/8941

Comments