Skip to main content

Resep Cantik Dari Mama


Ceritanyaaa, saya lagi kegerahan dan memutuskan untuk gegulingan di lantai. Saya masih gegulingan ketika mama sedang asyik mengolesi pipi, lalu turun ke leher dan ke ketiak dengan menggunakan krim yang entah apa namanya. Dasar anak kurang kerjaan, saya malah nanya ke mama, apa resep supaya ketiak tidak hitam dan ditumbuhi rambut halus.


“Nih, pake ini!” Seru mama sembari menunjukkan krim yang dipakainya tadi. Sementara saya cuma ngasih respon “Oooh” singkat dengan tetap gegulingan. Rupanya mama gemas melihat tingkah saya, karena beliau langsung bilang, “Sini liatin ketek kamu ke mama!”

Saya yang risih langsung mengelak (masih dalam posisi gegulingan). “Apaan sih ah, risih Ma!”

Dan bukan mama kalau langsung diem setelah mendengar respon anaknya yang seperti itu. Karena beliau langsung mengeluarkan sekumpulan ‘ceramah’ tentang pentingnya merawat diri.
Hingga akhirnya…

“Ambil kertas sana! Tulis nih ramuan untuk merawat kulit!” katanya dengan nada menyuruh dengan paksaan. Saya sih manut (nurut—Jawa, red) aja. Langsung deh ngambil kertas sama pensil yang selalu siap sedia di tas saya.

Perawatan Kulit
  1. Ambil tiga jari kunyit segar, 3sdm asam kandis/ asam kawak (asem item bentuk kotak yang biasa dipake buat bikin sayur asem), setengah gelas beras ketan hitam. 
  2. Parut kunyit, ketan hitam disangrai/ goreng tanpa minyak.  
  3. Parutan kunyit diuleni dengan asam kandis.
  4. Beras ketan dihaluskan, campurkan dengan air secukupnya.
  5. Gunakan 15 menit sebelum mandi. 
  6. Gosok badan sampai bersih, lalu bilas dengan air.


“Selanjutnya!”

Minuman Untuk Merawat Kulit
  1. Kunir seukuran satu jari diparut, diperas airnya.
  2. Setengah butir jeruk nipis.
  3. Asem kandis seukuran 1 ruas jempol.
  4. Seduh air kunir, jeruk nipis dan asem kandis dengan air panas, lakukan setiap pagi dan sore.


Minuman Ketika Datang Bulan
  • Rebus tiga lembar daun sirih, 1sdt bubuk kayu manis dan air perasan dari setengah butir jeruk nipis dengan segelas air hingga menjadi setengah gelas.


Perawatan Tangan
  1. Ambil dan parut kunir sebesar setengah ruas jari.
  2. 1 1/2 sdm minyak sayur/ baby oil
  3. Aduk rata kedua bahan di atas, hangatkan di api sedang. Balurkan di suhu suam-suam kuku sambil dipijat 15 menit, cuci dengan air bersih.


“Yang terakhir, perawatan payudara!” 
Saya terkesiap. Ceritanya nggak percaya sama apa yang baru diomongin mama.

“Udah, tulis aja sih. Kamu ‘kan cewek, jadi info beginian juga penting!”

Dan kemudian sayapun kembali manut…

Perawatan Payudara
  • Gunakan ramuan perawatan kulit, ditambah dengan sebutir telur dan baby oil, balurkan pada payudara dan pijat dengan gerakan yang benar.

Comments